Popular Post

Popular Posts

Posted by : Vlntn.aulia_ Sunday, January 8, 2017

PR12 - 4DP
P     = Item -> Sensor Proximity Inductive
R     = Tipe silinder
12    = Nomor dimensi permukaan -> 12mm
4      = Nomor jarak sensor -> Standar jarak sensor 4mm
DP   = Output -> PNP N.O (Normally Open)

DATA SHEET


  • VCC           = Kabel warna coklat
  • OUTPUT    = Kabel warna hitam
  • GND           = Kabel warna biru

SENSOR PROXIMITY INDUCTIVE

Sensor proximity jenis induktif banyak digunakan untuk mendeteksi adanya benda logam pada jarak terntentu tanpa harus menyentuh benda tersebut. Sensor induktif menggunakan arus induksi oleh medan magnet untuk mendeteksi benda logam di dekatnya. Sensor induktif menggunakan coil (induktor) untuk menghasilkan medan magnet frekuensi tinggi seperti yang ditunjukkan pada Gambar di bawah ini. Jika ada benda logam di dekat medan magnet yang berubah, arus akan mengalir dalam objek.


Jika target mendekati benda, akan menginduksi arus eddy. Arus ini mengkonsumsi daya karena perlawanan, sehingga energi di lapangan hilang, dan amplitudo sinyal menurun. 

Sensor dapat mendeteksi objek beberapa sentimeter dari ujung. Tapi, arah ke objek bisa sembarangan seperti yang ditunjukkan pada Gambar berikut.


Medan magnet sensor unshielded mencakup volume yang lebih besar di sekitar kepala kumparan. Dengan menambahkan perisai (logam di sekitar sisi kumparan) medan magnet menjadi lebih kecil, tetapi juga lebih diarahkan. Shields akan sering tersedia untuk sensor induktif untuk meningkatkan directionality dan akurasi mereka.

CONTOH PENERAPAN SENSOR PROXIMITY INDUKTIF
  1. Metal detektor di bandara
  2. Counter produk industri

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Adventure Time - BMO

BTemplates.com

Mechatronic Student

Find Me On Instagram @vlntn.aulia_

Blogroll

Popular Posts

- Copyright © Leonardo VHS Mechatronic Engineering Education - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Valentine Safana Aulia Miriano -