Popular Post

Popular Posts

Posted by : Vlntn.aulia_ Monday, September 19, 2016

Halo sobat, kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang Arduino nih, simak baik-baik ya.. ;)  Semoga bermanfaat ^^

APA ITU ARDUINO??



Arduino adalah sebuah platform mikrokontroler yang bersifat open source dan dirancang untuk mempermudah penggunaan dalam merancang sebuah sistem berbasis mikrokontroler. Dalam hal ini, arduino bukan hanya sebuah bentuk pengembangan dari mikrokontroler, ini merupakan sebuah platform yang terdiri dari hardware, bahasa pemrograman dan IDE (Integrated Development Environment) yang canggih.

APA YANG DITAWARKAN OLEH ARDUINO??

Pernahkah anda berpikir untuk membuat sebuah peralatan yang (anggaplah) canggih dengan tangan anda sendiri ?, mungkin ^_^, namun setelah mengakses informasi tentang apa saja yang harus anda kuasai untuk mewujudkan hal itu, apakah langkah anda terhenti karena keraguan yang disebabkan oleh banyaknya materi, pengetahuan serta skill yang harus anda kuasai ?, jawabannya lagi-lagi, Mungkin saja ^_^. Bagi mereka yang benar-benar baru dalam dunia mikrokontroler, membuat sebuah rangkaian sederhana saja mungkin bisa dikatakan cukup sulit.
Untuk tujuan inilah arduino hadir. Sederhananya, jika pada mikrokontroler umumnya perancang harus membuat sistem minimum terlebih dahulu untuk dapat menggunakan IC mikrokontroler, dengan menggunakan arduino, perancang tidak lagi membutuhkan serangkaian kegiatan untuk membuat sistem minimum, ini karena arduino adalah platform miktrokontroler yang siap pakai. Kita hanya tinggal embuat program dengang software IDE ARDUINO dan ARDUINO UNO di sambungkan ke komputer, setelah program dibuat kemudian upload prgram ke ARDUINO kalian dan minimum sistem yang anda butuhkan pun akan terpenuhi tanpa harus repot-repot membuatnya.

DOWNLOAD IDE ARDUINO

IDE adalah software yang telah disiapkan oleh arduino bagi para perancang untuk melakukan berbagai proses yang berkaitan dengan pemrograman arduino. Software ini tersedia secara gratis dan bisa didapatkan secara langsung pada halaman resmi arduino. IDE ini juga sudah mendukung berbagai sistem operasi populer saat ini seperti Windows, Mac, dan Linux.  Berikut akan saya sampaikan cara mendownload software IDE arduino.

1. Pastikan komputer anda tersambung dengan layanan internet. Buka Chrome,maka akan muncul windows seperti di bawah ini.



2. Link download
Untuk mendapatkan software IDE arduino bisa langsung mengunjungi halaman download di: http://www.arduino.org/downloads, akan terlihat halaman seperti dibawah ini.  Kemudian pilih "download"


3. Download Versi terbarunya, Pilih "Windows Installer"
Setelah kita klik download maka akan muncul web sepertidi bawah ini, kemudian pilih "Windows Installer" untuk komputer dengan sistem operasi windows.

4.  Software IDE Arduino 1.7.10 pun mulai terdownload. setelah benar-benar terdownload buka riwayat download



5. Setelah muncul halaman sebagai berikut, klik "show in folder"


6. Setelah itu akan muncul windows explorer seperti berikut ini. Klik kanan pada icon software IDE Arduino pilih Run As Administrator


7.  Kemudian klik kanan pada mouse,maka akan muncul dialog box seperti di bawah ini, lalu klik OK.


8. Jika di komputer anda sudah ada IDE arduino tapi versi yang lama, maka akan muncul dialog box untuk meng-uninstal versi IDE arduino lama yang ada di komputer kita. Klik OK.


9. Setelah itu, akan muncul dialog box untuk menginstal seperti di bawah ini


10. Tunggu hingga proses sebelumnya selesai. Setelah proses selesai akan muncul dialog box untuk menginstal 'Atmel USB Driver Package'. Centang I aggre..... kemudian OK


11. Setelah itu tunggu hingga proses instalasi sebelumnya selesai dan muncul dialog box seperti di bawah ini, kemudian klik Install


12. Setelah proses selesai, software IDE Arduino pun siap digunakan. namun pastikan bahawa software tersebut sudah benar-benar terinstal dengan cara klik icon IDE Arduino pada desktop anda.


13. Setelah itu akan muncul dialog box seperti di bawah ini. lihat di bagian atas halaman, pastikan versi arduino tersebut sudah Arduino 1.7.10

14. Software IDE Arduino 1.7.10 pun siap digunakan... ^^

INSTALASI DRIVER ARDUINO

1. Klik simbol  kemudian pilih  'Devices and Printers'


2. Muncul halaman seperti dibawah ini, kemudian klik kanan pada mouse dan pilih "Properties"


3. Muncul dialog box seperti di bawah ini, pilih hardware dan klik properties


4. muncul dialog box properties USB Serial CH340, pilih Driver dan klik 'Driver Details', kemudian OK


5. Setelah itu muncul dialog box driver details tersebut. Kemudian pilih C; Windows\System 32 Driver\CH341SER.SYS


6. Muncul lagi dialog box  properties USB Serial CH340 kemudian klik OK


7. Muncul lagi dialog yang semula, klik OK saja.


8. Buka software IDE Arduino 1.7.10 yang ada pada desktop komputer anda. Klik file pilih examples -> 1. Basic -> Blink

 

9. Muncul contoh program untuk blink seperti di bawah ini.
Program ini di buka untuk contoh program yang akan di upload ke hardware Arduino UNO (SMD)


10. Klik "Tools" pilih Board -> Arduino UNO


11. Klik 'Tools' pilih Port -> COM4


12. Klik simbol anak panah ke kiri untuk mengupload program ke hardware Arduino UNO (SMD)


13. Tunggu proses uploading programnya. Jika suidah terupload maka akan muncul tulisa 'Done Uploading' pada bagian bawah sketch seperti gambar di bawah ini.


Nah, gimana sobat?? Sudah cukup jelas kah? Saya harap sih sudah, hehehe. Kalau ada kesalahan atau anda mengalami masalah saat instalasi kalian bisa menghubingi saya untuk menanyakan masalah tersebut dengan meng-klik Contact pada blog saya dan pilih media untuk menanyakannya. Atau klalian bisa juga memberikan komentar kalian pada blog ini.. Terima kasih ^^


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Adventure Time - BMO

BTemplates.com

Mechatronic Student

Find Me On Instagram @vlntn.aulia_

Blogroll

Popular Posts

- Copyright © Leonardo VHS Mechatronic Engineering Education - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Valentine Safana Aulia Miriano -